Bahas Tuntas Perangkat Keras Komputer

Kamis, 28 Desember 2017

Pengertian Harddisk dan Fungsinya

Pengertian Harddisk dan Fungsinya - Adanya perangkat komputer atau laptop dan perangkat sejenis lainnya tentunya tidak akan ada artinya jika tidak ada perangkat yang disebut Hard Disk. Ini tidak lain karena peran vital yang diembannya.

Seringkali pusat penyimpanan data dan informasi untuk perangkat berbasis komputer / laptop, perangkat Hard Disk tentu saja telah menjadi perangkat yang harus dijaga tanpa mempedulikan situasinya. Jika tidak, biasanya performa dari perangkat komputer / laptop kita akan mengalami proses yang lambat atau sering disebut lemot.

Komputer Harddisk
Dengan demikian, pengguna harus tahu lebih banyak tentang perangkat Hard Disk. Mulai dari pengertian, fungsi, atau bahkan bagiannya. Nah, jika Anda benar-benar ingin mengetahui seluk beluk perangkat hard disk, disini kita suguhkan informasi pengertian dan fungsi hard disk komputer.


Pengertian Hard Disk Komputer

Pengertian Harddisk dan Fungsinya
Pengertian Harddisk dan Fungsinya

Hard Disk adalah perangkat keras komputer / laptop yang bekerja secara sistematis dimana media penyimpan data. Data yang telah tersimpan dalam perangkat hard disk tidak akan hilang. Bahkan jika pengguna mematikan perangkat komputer / laptop. Dengan kata lain, hard disk memiliki peran sebagai media penyimpanan permanen (data tidak akan hilang atau terhapus). Kapasitas kapasitasnya ketimbang hard disk itu sendiri juga cukup besar. Dimana perhitungan yang digunakan adalah dalam ukuran Byte (B).


Fungsi Hard Disk Komputer

Fungsi perangkat hard disk pada umumnya adalah menyimpan data yang dihasilkan dengan mengolah perangkat komputer / laptop. Di dalamnya, ada ruang penyimpanan utama di komputer. Dimana dimana setiap data dan informasi disimpan olehnya.

Selain memiliki ruang utama, hardisk juga memiliki komponen. Merupakan semacam ruang kecil yang terdiri dari direktori, folder, subdirektori, dan subfolder, digunakan untuk penempatan data dan informasi dari ruang hard disk utama.

Nah, itu sedikit ulasan tentang pengertian dan fungsi hard disk komputer. Harapan bisa menginspirasi Anda untuk lebih mengenal perangkat vital. Dimana kebiasaan menjaga dan memelihara harddisk kesinergisan sangat kita rekomendasikan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Harddisk dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar