Bahas Tuntas Perangkat Keras Komputer

Senin, 25 Desember 2017

Pengertian RAM (Random Access Memory) dan Fungsi Serta Jenisnya

Pengertian RAM (Random Access Memory) dan Fungsi Serta Jenisnya - Pengertian RAM pada prinsipnya dapat dilihat dari beberapa aspek, diantaranya aspek input area, area program, area kerja, dan daerah ouput. Bila dilihat dari segi input area, RAM bisa diartikan sebagai media penyimpan data masukan yang akan diolah. 

Kemudian, bila dilihat dari segi program daerah, RAM bisa diartikan sebagai media penyimpanan program yang digunakan untuk mengolah data. 

Selanjutnya jika dilihat dari aspek area kerja, RAM dapat didefinisikan sebagai media penyimpanan pengolahan data yang akan dilakukan. 

Dan bila dilihat dari area output, RAM merupakan media penyimpan untuk semua hasil pengolahan data. Maka dapat disimpulkan bahwa Pengertian RAM adalah media yang digunakan untuk menyimpan data dan perintah dari sebuah program komputer.

RAM adalah memori yang bisa diisi dengan program dan data selama live power flow. Bila listrik padam maka terhapus semua isinya. Misalkan anda sudah mengetik lebih banyak kuran di sepanjang layar,, maka padamnya listrik saat anda belum selesai melakukan penyimpanan maka hilanglah semua data yang ditik.

Pengertian RAM (Random Access Memory) dan Fungsi Serta Jenisnya
RAM

Dalam RAM semua data dan perintah disimpan sementara, tergantung pada data yang sedang diproses. Pada RAM, stopkontak dikeluarkan dari Mainboard dan saat power dimatikan maka semua data dan perintah di dalamnya akan hilang secara permanen.

Ada beragam kapasitas RAM di komputer, kapasitas RAM sangat penting karena menentukan berapa banyak data yang bisa diolah dalam waktu bersamaan dan seberapa besar program bisa mengatasinya. 

Secara umum, RAM yang digunakan berkapasitas 123MB start, 256MB, 512MB, 1GB bahkan sampai 4GB, tergangung kebutuhan penggunanya. Tugas membagi RAM agar bisa menjalankan program dengan benar adalah Sistem Operasi.


Fungsi RAM

Dari pengertian diatas dapat diilustrasikan fungsi RAM. Fungsi RAM adalah sebagai komponen penyimpanan program sementara atau dengan kata lain data diakses pada saat komputer beroperasi / aktif. Sebenarnya seperti yang telah diketahui bahwa prosesor memiliki kapasitas kecil (terbatas) pada penyimpanan data dan perintah yang ada di register. 

Jadi semua informasi yang digunakan untuk menjalankan program tidak bisa dihemat, apalagi kalau besar. Oleh karena itu, prosesnya harus disertai komponen dengan kapasitas besar, yang bisa menyimpan data dan perintah yang besar. Itulah fungsi RAM yang merupakan komponen penting dalam komputer atau PC.

Jenis Jenis RAM Pada Komputer

Jenis RAM dikelompokkan menjadi 2 macam kartu berbasis RAM dan chip berbasis RAM. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang jenis RAM.
1. RAM berbasis Kartu
a. Extended Data Output RAM (EDO RAM)
EDO RAM adalah jenis RAM yang digunakan untuk prosesor pentium edisi pertama. Kapasitas RAM EDO adalah 8 Mb sampai 16 Mb, dengan standar PC 66/1 00. Kemasan yang digunakan adalah SIMM (modul memori single-in-line) dengan 72 pin mems memori.

b. Synchronous Dynamic RAM (RAM SD)
SD RAM adalah RAM yang digunakan untuk Pentium 1, 2 dan 3 generasi. Bus memori ini memiliki frekuensi kurang lebih 66 Mhz sampai 133 Mhz, yang juga dikenal dengan PC memory 66 / PC 100 / PC 133. Kemasan yang digunakan adalah DIMM (modul memori dual in-line), spacer memori berjumlah 168 pin.

c. Double Data Rate RAM (DDR RAM)
DDR RAM digunakan untuk generasi Pentium 4. RAM DDR (DDR 400) adalah memori yang memiliki banyak tipe dan biasanya dirancang dan dikelompokkan berdasarkan bandwidth pada saat dioperasikan. Selain itu hal itu mempengaruhi jumlah jam yang diberikan memori. Ada tipe yang digunakan yaitu PC 1600 / PC 2100 / PC 2700 / PC 3200 dengan clock yang ditawarkan 400 Mhz. Kemasan yang digunakan adalah DIMM (dual in-line memory module), dengan memory saver sebesar 184 Pin.

d. DDR dual channel RAM
Memori jenis ini tidak sama dengan instalasi dengan DDR biasa atau SDRAM. DDR dual channel adalah teknologi yang sama dengan memori RAM dinamis Rambus (RD RAM), yang membutuhkan sistem dual channel, yang harus memasang 2 buah modul memori dengan kapasitas dan kecepatan yang sama seperti kinerja motherboard pendukung. Selain itu, bagi pengguna memori RDRAM harus ada tambahan terminator memori 2 pasang sebagai standar PC support 2700 / PC 3200 / PC 4000, dengan jam ditawarkan 500 sampai 800 Mhz.

e. Twister DDR dual channel RAM
Jenis memori Twister DDR dual chanel RAM (kode TwinX / Twinmatch atau CMX) adalah memori yang bisa digunakan pada mainboard dual channel.

f. RAM SODIMM
RAM SODIMM adalah memori yang bisa digunakan untuk kelas server dan notebook.

2. RAM Berbasis Chip
a. RAM Statis (SRAM)
Sifat tipe RAM statis semivolatile. Digunakan dalam kecepatan proses untuk membantu kommputer dan tidak memerlukan operasi daya yang menyegarkan. Memori dari jenis proses manufaktur ini menggunakan teknologi CMOS.

b. Dynamic RAM (DRAM)
Sifat tipe RAM dinamis ini mudah berubah. Digunakan untuk membantu komputer dalam kecepatan proses dan dalam operasinya membutuhkan daya arus terus menerus, sehingga membutuhkan refrash. Dalam proses pembuatan teknologi dual diffuse MOS (DMOS).

c. RAM Non-Volatile (NVRAM)
Ini adalah jenis SRAM yang memiliki catu daya sendiri, yaitu dari baterai mini, sehingga bisa menghemat daya meski komputer sudah ditutup. Memiliki fungsi untuk menyimpan waktu, jam, kalender, konfigurasi komputer, dan program penyiapan.

d. Ferro Electric RAM (FRAM)
Merupakan jenis SRAM yang tidak memerlukan catu daya atau baterai mini karena menggunakan tenaga medan magnet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian RAM (Random Access Memory) dan Fungsi Serta Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar